Selasa, 09 Oktober 2012

Istilah-istilah dalam dunia perfilman



Hai para teenagers......... =))

Dunia perfilman kini merajalela bahkan anak anak remaja juga berlomba buat film pendek atau dokumenter, anak anak jaman sekarang bikin karyanya lewat film mungkin karna lagi nge-tren nge-trennya kamera kali ya apalagi SLR atau EOS, IPAD dan gadget sejenisnya. Dari semuya fasilitas itu dan kreatifitas remaja sekarang banyak banget karya-karya yang dikembangkan. Salut deh buat anak anak Indonesia yang kreatif. Oh ya aku juga mau berbagi tentang ulasan dunia perfilman, buat kalian yang suka dunia film aku mau ngasih istilah atau kosakata dalam dunia perefilman. Semoga bisa jadi referensi dan inspirasi kalian. Check it out! :)

- Action !
ketika sang 'Sutradara' teriak action berarti tanda untuk pemain memulai adegan.

- Box Office
maknanya sama sih kaya ticket box karna waktu jaman dulu jual karcis nonton itu berbentuk boks, tapi kalo sekarang maknanya punya arti sendiri yaitu menentukan angka penjualan tiket yang mengidentifikasikan laku atau tidaknya itu film.

- Blocking
untuk menandakan posisi dan kepadatan sebuah adegan serta tampilan nanti di layar, misal sedang mengobrol dan bermain di tempat rekreasi blockingnya arena bermain di tempat rekreasi bisa juga posisi extras yang berseliweran di tempat rekreasi.

- Casting Director
orang yang memimpin dan menentukan pemilihan pemain yang cocok dan dibutuhkan dalam sebuah naskah.

-Clapper
 papan berwqarna putih yang ada data judul film, scene ke berapa, take ke berapa, dan ama scene. Clap ada dua jenis ada yang digital dan manual. kalo yang digital data judul, scene, durasi scene, take, dan end code di detik dan menit keberapa udah otomatis terekam.

- Cut ! 
tanda si pemain harus menghentikan adegan.

- Cut and Hold
perintah Sutradara untuk menghentikan adegan tapi pemain harus tetap di posisinya, biasanya Sutradara ingin periksa pencahayaan, posisi, atau mengatur adegan lain yang saling beresinggungan.

- Dubbing
perekaman suara manusia yang sinkron dengan gambar film.

- Extras
firguran tapi enggak berdialog, biasanya haya ada untuk keperluan tampilan scene yang memerlukan karalter lain selain pemeran utama dan pemeran pembantu seperti orang yang berseliweran dijalan, kafe dan lain lain.

- Produser
orang yang memproduksi sebuah film yang memimpin seluruh tim produksi, kerjanya sesuai tujuan yang ditetapkan bersama baik dari aspek kreatif maupun manajemen produksi dengan anggaran yang telah disetujui oleh excecutive producer.

- Rolling
menandakan prosses rekaman dari kamera yang sedang berjalan. karna rolling artinya berputar menandakan pita sudah berputar, oh ya sebelum era digital pita kaset adalah media penyimpanan film yang paling umum.

-Scene
adegan yang dibagi bagi dan enggak diambil secara berurutan.

-Scoring
musik pada adegan yang biasanya diaransemen oleh penata musik, scoring juga untuk memperkuat suasana dalam adegan film tersebut.

-Sound Effect
efek suara untuk mendramatisir adegan, misal suara tamparan, ledakan, dll.

-Sneak Preview
pemutaran film di bioskop tanpa pemberitahuan dahulu biasanya untuk mengetahui tanggapan penonton sebelum film tersebut dirilis.

-Story Board
sketsa yang menggambarkan adegan film, story board dipakai untuk memudahkan pengambilan gambar.

-Take
tanda adegan harus segera diambil, ada juga istilah retake yang artinya pengulangan adegan.

-Wrap
Perintah untuk memberitahu pra kru bahwa shooting selesai.

Nah sekarang kalian udah pada tau definisi dari kata kata yang sering banget kita denger walaupun pasti ada beberapa kata yang tadinya gak tau jadi tau sekarang, semoga kalian bisa lebih semangat buat karya film yang imajinatif, kreatif ala anak remaja Indonesia O:).

1 komentar:

  1. Luar biasa GitaIta ,,, ,, kalau shot dalam film itu bagaiman? , apa pake shot atau take? ,, mohon penjelasannya..

    BalasHapus